5 Langkah Tentukan Nilai Jual Rumah Yang Pas

5 langkah tentukan nilai jual rumah yang pas – Ada rencanakan ingin menjual rumah, tapi kebingungan tentukan nilai jualnya? Kadang kala memang menjadi permasalahan bagi yang mau menjual tempat tinggalnya. Kadang kala ketidak pahaman dalam penentuan nilai jual masalah karena harus memasangkan nilai berapakah untuk tempat tinggalnya.

5 Langkah Tentukan Nilai Jual Rumah Yang Pas

Nilai begini takut ketinggian, kelak justru tidak laris. Jika terlalu dibawah harga pasaran, malah jadi atau malah membuat rugi. Bila kamu mengalami masalah jenis ini, baca langkah-langkah menentukan nilai jual rumah yang pas, supaya masih tetap memberikan keuntungan. Berikut ini 5 langkah yang dapat dilakukan untuk menentukan nilai jual rumah yang pas :

Kalkulasi Nilai Jual Obyek Pajak Tanah dan Bangunan

Jika kebingungan tentukan nilai rumah yang akan dijual, langkah pertama perhatikan bukti pembayaran Pajak Bumi dan Bangunan (PBB) atau Surat Pemberitahuan Pajak Tahunan (SPPT PBB).
Di SPPT PBB tersebut ada tercantum yang namanya Nilai Jual Obyek Pajak (NJOP). Dari SPPT PBB tersebut ada 2 jenis nilai yang menjadi obyek yaitu nilai tanah dan nilai banguan.

Contoh: Jika dalam SPPT PPB tersebut tercatat tanah dan bangunan luasnya masing-masing 150 mtr persegi dan nilai jual obyek pajak tanah sejumlah Rp 2,5 juta/m2 dan nilai jual obyek pajak bangunan sejumlah Rp 1,5 juta/m2, maka

Tanah = Rp 2,5 juta x 150 = Rp 375 juta.

Bangunan = Rp 1,5 juta x 150 = Rp 225 juta.

Nilai jual tanah dan bangunan menjadi = Rp 375 juta + Rp 225 juta = Rp 600 juta.

Memiliki arti, Anda bisa mulai menawarkan rumah tersebut dimulai dari nilai Rp 600 juta. Tetapi harus diingat, biasanya penjual memasangkan nilai jual semakin tinggi dibandingkan nilai jual obyek pajak, apa lagi bila rumah berada di tempat vital, seperti pinggir jalan besar. Disamping itu, penjual hitung anggapan peningkatan inflasi tiap tahunnya dan ingin mendapatkan profit yang besar.

Baca juga : Rutinitas Yang Dapat buat Orang Sukses Wajib Di Coba

Samakan dengan keadaan rumah

Jika keadaan rumah yang akan dijual kondisinya baik, rapi dan bersih, makan nilai jualnya dapat disamakan dengan nilai jual obyek pajak atau bisa juga diatasnya. Para konsumen biasanya rela atau ikhlas bayar lebih tinggi.
Tapi bila rupanya keadaan rumah tidak baik, dan belum pernah dilakukan pembaruan atau renovasi saat sebelum menjualnya, nilai jual itu dapat di turunkan lebih rendah supaya memancing ketertarikan konsumen.
Karena, konsumen kemungkinan berpikiran 2x untuk melakukan transaksi dengan nilai yang tinggi, dengan kondisi rumah yang tidak layak. Misalkan, kelaikan keadaan rumah 75 %. Karena itu nilai jualnya menjadi 75 % x Rp 600 juta = Rp 450 juta.

Tambahkan biaya renov jika ada

Jika pernah dilakukan perbaikan atau renov sebelum rumah dipasarkan, contoh perbaikan temnbok, pengecatan atau yang lainnya, maka semua biaya yang dikeluarkan bisa dimasukkan ke nilai jual.

Contoh, perbaikan yang dilakukan habiskan uang Rp 20 juta. Maka nilai jual Rp 600 juta ditambah lagi ongkos pembaruan Rp 20 juta, sehingga memiliki arti nilai jual rumah minimum Rp 620 juta.
Dengan dilakukannya renov tersebut, maka Anda dapat menentukan nilai jual yang lebih tinggi dari sebelumnya. Sebabnya para konsumen biasanya lebih suka membeli rumah yang betul-betul siap ditempati dan konsumen tidak lagi menanggung biaya-biaya perbaikan.

Baca juga : Pesan Whatsapp Kirim Lewat HP Tanpa Kuota Dan Internet

Merujuk di harga rumah yang baru saja dijual di daerah kamu

Apabila bimbang? Anda dapat merujuk nilai jual atau nilai pasar di daerah tersebut. Dengan merujuk kepada nilai jual rumah dengan type yang sama yang pernah dijual di daerah tersebut.

Anda bisa juga menanyakan langsung ke pemiliknya berkaitan penghitungan nilai jual. Tetapi bila kamu berpatok di nilai jual rumah lain, yakinkan penjualannya dilakukan dalam enam bulan kebelakang.

Check situs property

Langkah lain yang dapat dilakukan untuk tentukan nilai jual rumah adalah dengan membuka situs property. Menggunakan referensi nilai jual dari situs property dapat menjadi rekomendasi khusus.
Tinggal mencari type yang sama sesuai detail property serta lokasinya, maka banyak referensi nilai jual yang direkomendasikan yang disesuiakan dengan spesifikasi rumah yang akan dijual.

Demikian 5 langkah tentukan nilai jual rumah yang pas, yang mungkin dapat menjadi pertimbangan. Semoga bermanfaat.

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *