Apa Itu Marketing Digital Dan Bagaimana Kerjanya

Apa itu marketing digital (pemasaran digital) dan bagaimana kerjanya itu menjadi pertanyaan bagi banyak orang. Namun, apa sebenarnya pengertiannya? Dan apa saja jenis-jenis marketing digital yang bermanfaat bagi kesuksesan bisnis kita.

Digital marketing adalah segala upaya untuk melakukan pemasaran suatu produk dan jasa melalui media internet. Pemasaran dalam internet marketing bukan hanya untuk meningkatkan penjualan, tetapi juga termasuk promosi produk dan jasa baru, branding dan membina hubungan dengan pelanggan.

Baca juga : Strategi Pemasaran agar Bisnis Berjalan Maksimal

Jenis-jenis Digital Marketing

Apa saja jenis-jenis digital marketing yang sering digunakan oleh para pelaku bisnis dalam memasarkan produk-produknya.

1. Website.

Apa Itu Marketing Digital Dan Bagaimana Kerjanya

Saat sekarang ini, website merupakan persyaratan utama untuk menang dalam persaingan digital. Data menunjukkan bahwa 97% konsumen mencari produk maupun jasa yang akan digunakan melalui internet.

70% dari mereka mencari perbandingan harga maupun fitur yang ditawarkan dengan produk maupun jasa sejenis. Bahkan 888% nya memiliki keputusan untuk membeli setelah membaca review produk maupun service-nya terlebih dahulu.

Dapat juga dikatakan bahwa website adalah “toko digital” bagi bisnis, yang bahkan dapat menggantikan keberadaan toko fisik maupun tenaga penjualan konvensional. Adapun peran utama website dalam mengembangkan perusahaan adalah :

  • Menunjukkan ke-profesionalisme bisnis anda.
  • Membantu customer memahami produk atau jasa yang dijual.
  • Sebagai “sales representative” 24 jam.
  • Media penjualan produk atau jasa secara lebih mudah.
  • Media promosi yang lebih hemat biaya dan lebih efektif.

2. Search Engine Marketing.

Apa Itu Marketing Digital Dan Bagaimana Kerjanya

Yang dimaksud dengan search engine marketing adalah upaya untuk membuat website bisnis anda mudah ditemukan dalam mesin pencari sejenis google. Untuk dapat berada di halaman pertama mesin pencari sekelas google, dibutuhkan waktu yang lama dan teknik khusus untuk menerapkan-nya.

Search engine marketing pun memiliki dua kategori yaitu kategori organik dan kategori non organik. Kategori organik biasa disebut dengan Search Engine Optimization (SEO) yang relatif lebih murah bahkan dapat dilakukan sendiri dengan gratis, namun membutuhkan waktu yang lebih lama karena per-untuk-kan-nya sebagai investasi jangka panjang.

Sedangkan Search Engine Marketing (SEM) yang berbayar akan jauh lebih cepat untuk membuat website berada di posisi teratas google.

3. Social Media Marketing.

Apa Itu Marketing Digital Dan Bagaimana Kerjanya

Pengguna social media yang terus meningkat untuk berbagai keperluan seperti sarana komunikasi, berkumpul-nya komunitas bahkan sebagai media mencari informasi, kini semakin di-optimal-kan pengusaha sebagai sarana promosi bisnis mereka.

Beredar-nya berbagai platform social media seperti face book, instagram dan lain sebagainya, membuat penyebaran informasi menjadi lebih cepat dan menjangkau lebih banyak orang.

 

4. Online Advertising.

Apa Itu Marketing Digital Dan Bagaimana Kerjanya

Sedangkan yang dimaksud dengan online advertising adalah media promosi atau per-iklan-an melalui internet dengan cara berbayar. Online advertising sendiri memiliki beberapa pilihan yang beragam sesuai kebutuhan Anda, seperti Display Advertising, Social Media Advertising, PPC, Youtube Advertising, dan masih banyak lagi.

Walau tingkat keberhasilan penjualan dengan cara online advertising ini lebih memuaskan karena Anda dapat mengatur target konsumen yang melihat iklan tersebut, pilihan untuk melakukan online advertising terbilang jauh lebih mahal walau masih cenderung terjangkau bila dibandingkan dengan media promosi luar ruangan (Out of Home Media) seperti billboard, Signage, Booth, dan media iklan televisi.

5. Email Marketing.

Saat Anda sudah membangun daftar subscriber dari website, maka email marketing merupakan langkah promosi tahap selanjutnya untuk menjaga calon pelanggan tersebut dan membuat mereka tertarik untuk membeli produk maupun jasa Anda.

Dengan Email marketing, Anda dapat memberikan informasi yang update seputar program promosi yang sedang berlangsung, maupun memperkenalkan produk atau jasa Anda yang baru. Email marketing juga membuat pelanggan Anda tidak ketinggalan akan informasi dari perusahaan Anda seperti kegiatan maupun berita terbaru.

6. Video Marketing.

Cara yang lebih efektif dalam menyampaikan informasi mengenai produk dan jasa perusahaan Anda adalah dengan menggunakan video marketing. Video marketing menjadi media promosi paling ampuh karena dapat memuat lebih banyak informasi namun dengan cara yang menarik dan mudah diingat.

Video marketing yang dapat dibuat dengan format real hingga animasi 2D dan 3D, bermanfaat dalam berbagai hal diantaranya :

 

  • Sebagai Video Company Profile yang menjelaskan mengenai bisnis Anda.
  • Menjelaskan cara kerja produk dan pengaplikasiannya.
  • Menampilkan testimonial pelanggan dan review mereka terhadap bisnis Anda.
  • Sebagai media kreatif untuk mempromosikan produk dan jasa Anda

Baca juga : Diet Asyik Menurunkan Berat Badan Yang Efektif

Digital marketing yang memiliki jenis yang beragam merupakan sebuah pilihan yang memudahkan para pengusaha untuk menentukan cara yang tepat untuk promosi bisnis mereka.

Jika Anda butuh bantuan untuk menentukan jenis kegiatan digital marketing yang efektif bagi bisnis Anda, Seputar Marketing adalah konsultan marketing dan marketing agency yang cocok sebagai mitra bisnis Anda.

Apa Itu Marketing Digital Dan Bagaimana Kerjanya

” Puji Tuhan New Alphard masuk garasi, dengan 3 jam kerja secara online di rumah¬† with SB1M”

Apa Itu Marketing Digital Dan Bagaimana Kerjanya

Apa Itu Marketing Digital Dan Bagaimana Kerjanya

Apa Itu Marketing Digital Dan Bagaimana Kerjanya

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *