Cuan Banyak Lewat Bisnis Kuliner, Patut Dicoba!

Kuliner menjadi salah satu bisnis yang banyak diminati di tengah pandemi Covid-19 seperti sekarang. Hal yang wajar karena manusia membutuhkan makanan untuk bisa bertahan hidup.

Di sisi lain, masyarakat dihimbau untuk tidak terlalu sering berada di tengah keramaian guna menghindari penyebaran virus Covid-19.

Mau tidak mau, memang harus masak. Sayangnya, tidak semua orang bisa memasak dan mau meluangkan waktunya untuk pekerjaan yang satu ini.

Baca juga : Memahami Keuntungan Mempelajari Digital Marketing

Maka pilihannya beli makanan, baik beli dari warung, rekan kerja yang berjualan, atau memesan secara online. Melihat peluang bisnisnya yang besar, apakah Anda tertarik untuk membuka usaha kuliner? Jika jawabannya ‘iya’, berikut ide bisnis kuliner yang banyak cuannya dan patut dicoba.

K o p i

Mulai dari anak muda hingga orang tua, baik laki-laki maupun perempuan pasti menyukai kopi. Diseduh begitu saja atau dicampur dengan roti untuk sarapan sudah nikmat, apalagi bila kopinya berasal dari biji-biji pilihan. Kopi sendiri terdiri dari berbagai varian, ada arabica, black, robusta, americano, espresso, dan latte.

Satu jenis kopi yang populer sekarang adalah kopi gula aren. Kopi dicampur dengan beberapa sendok gula aren, lalu ditambah es batu, nikmat dan segar diminum saat cuaca panas.

Kalau memang tidak mau ribet meracik kopi sendiri, Anda bisa franchise salah satu merek kopi kekinian. Mulai dari alat, SOP, dan bahan-bahannya sudah disediakan langsung. Lebih praktis dan pasti untung, deh!

B o b a

Siapa lagi yang tidak kenal boba? Minuman yang satu ini cukup populer di masyarakat karena cita rasanya yang nikmat. Perpaduan antara susu, teh, dan mutiara gelap yang kenyal menjadi ciri khas minuman yang satu ini.

Boba bisa jadi salah satu ide bisnis kuliner yang menarik untuk dijalankan, terutama di tengah popularitas boba yang sekarang. Anda bisa memanfaatkan momen ini untuk mendapatkan pelanggan sekaligus keuntungan berlimpah. Ditambah lagi modal untuk meracik minumannya sangat murah, yaitu berkisar 20% sampai 25% saja.

Anda bisa melihat cara membuat minuman boba dari video tutorial di internet. Sedangkan untuk pegawainya, Anda bisa andalkan tenaga diri sendiri dulu di tahap awal perintisan usaha. Jika bisnis telah berkembang, baru cari karyawan untuk membantu pengelolaannya.

Baca juga : Tips Jadi Freelancer Sukses Tanpa Ganggu Pekerjaan Utama

Dimsum

Salah satu makanan khas Tiongkok ini juga tak kalah menarik dicoba. Modal untuk membuat makanan yang berbahan dasar kulit lumpia yang dicampurkan dengan aneka daging ini juga terjangkau. Cara membuatnya juga mudah, jadi Anda yang punya waktu luang sesekali bisa coba untuk menambah pemasukan.

Bahan-bahan yang diperlukan mudah didapat, seperti kulit lumpia atau siomay atau pangsit, daging, daun bawang, garam, gula pasir, kecap asin, dan wijen. Untuk menambah cita rasa dimsum, Anda bisa tambahkan isian lainnya, seperti wortel.

Anda bisa berjualan dimsum di depan rumah, menitipkannya ke rumah makan, atau online. Jadi tidak harus punya restoran, kafe, atau rumah makan sendiri untuk menjalankan bisnis yang satu ini, sehingga modalnya bisa lebih hemat.

Brownies

Brownies tidak hanya disantap sebagai pencuci mulut, kudapan untuk ngopi atau minum teh, tapi juga sering dijadikan sebagai kue ulang tahun. Inilah yang membuat brownies layak dijadikan opsi untuk membuka bisnis. Sebab, pangsa pasarnya lebih luas dan kalangan mana saja bisa menikmati brownies.

Brownies sendiri terdiri dari berbagai varian rasa, tapi rasa coklat, keju, dan moccha menjadi salah satu yang paling banyak digemari. Tapi, Anda bisa juga menghadirkan variasi rasa lain agar konsumen bebas memilih.

Bahan-bahan pembuat brownies mudah didapat, bahkan sudah di pasar tradisional. Dengan begini, Anda bisa lebih hemat biaya membeli bahan-bahannya karena harga di pasar tentu lebih terjangkau dibandingkan di supermarket.

Smoothies sehat

Seperti yang diketahui, kesadaran masyarakat di Indonesia akan pentingnya kesehatan kian meningkat. Tak heran kalau semakin banyak bisnis yang bergerak di bidang produksi pangan sehat. Salah satu yang bisa dicoba adalah bisnis smoothie.

Smoothie ini sendiri berbeda dengan jus biasa. Tekstur biasa lebih kental karena bahan untuk membuatnya tidak murni hanya buah-buahan saja, tapi juga dicampur dengan peanut butter, pisang, sayuran, dan biji chia. Bahan-bahannya murah, mudah didapat, dan membuatnya juga praktis.

Jika Anda berminat membuka bisnis smoothie, sebaiknya cari pemasok buah-buahannya dan jadi langganan untuk mengurangi biaya produksi. Sehingga keuntungan yang diperoleh besar dan bisa digunakan sebagai modal untuk memperbesar laju pertumbuhan bisnis.

Baca juga : Efek Buruk Akibat Terlalu Lama Menatap Monitor Komputer dan Handphone

Bakso goreng

Meski berminyak, tapi bakso goreng menjadi salah satu makanan yang tak kalah diminati, khususnya oleh anak-anak dan remaja. Modal pembuatannya murah, metode membuatnya juga mudah, tapi keuntungannya banyak.

Adapun bahan yang dibutuhkan, seperti daging cincang, udang cincang, kaldu, bawang putih, wijen, baking powder, garam, dan lada. Setelah semua bahannya tercampur rata, dibentuk bulat, lalu goreng sampai berwarna kecoklatan.

Menariknya, Anda tidak butuh lahan khusus untuk berjualan bakso goreng. Anda bisa jual di gerobak saja, lalu dijajakan di pinggir jalan atau di rumah saja sudah bisa.

Perhatikan Cita Rasa Makanannya

Intinya kalau mau membuka bisnis kuliner, tolong perhatikan cita rasa makanannya. Sebab, cita rasa sangat berpengaruh terhadap penjualan.

 

Baca artikel selanjutnya <–

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *