Memahami Keuntungan Mempelajari Digital Marketing

Walaupun ekonomi sedang terpuruk akibat pandemi, tetap ada peluang untuk masa depan finansial kita semua. Digital marketing adalah salah satunya yang dapat digunakan. Digital marketing atau pemasaran digital merupakan bagian dari strategi pemasaran dengan menggunakan perangkat elektronik.

Contoh digital marketing adalah upaya pemasaran dengan menggunakan internet, dimana penjual berkomunikasi dengan konsumen yang menghabiskan waktu di dunia maya.

Baca juga : Tips Jadi Freelancer Sukses Tanpa Ganggu Pekerjaan Utama

Reni Saraswati, Kepala Program Studi Bio Kewirausahaan i3l School of Business (iSB) Selasa (25/5/2021) menyatakan, penggunaan media digital merupakan strategi yang ampuh dalam meningkatkan efektifitas serta keuntungan bagi penggunanya.

Berdasarkan data dari Statista di awal tahun 2021, hampir 60% dari total populasi dunia adalah pengguna internet. Dari populasi tersebut, Indonesia menempati urutan ke 3 sebagai pengguna internet terbanyak di dunia.

Hal ini dapat dimanfaatkan pengusaha untuk menjangkau pelanggan tanpa ada batasan lokasi dan waktu dalam mempromosikan serta memberikan layanan bisnis secara online.

“Digital marketing dapat dilakukan oleh berbagai kalangan. Mulai dari freelancer, startups hingga perusahaan besar telah menggunakan strategi ini untuk menghasilkan manfaat komersial yang signifikan,” ungkapnya.

Bagi pengusaha pemula, mempelajari serta menggunakan digital marketing dapat memperbesar peluang untuk bersaing dengan kompetitior atau bahkan perusahaan yang lebih besar.

Tentu saja, perlu strategi pemasaran yang tepat dan sesuai dengan usaha yang sedang kamu jalani untuk menarik minat pelanggan.

Baca juga : Mengembangkan Bisnis Kecil Supaya Menjadi Laris Manis

Berikut manfaat dan keuntungan yang didapat dari mempelajari digital marketing:

Bisa Bersaing dengan Kompetitor dan Perusahaan yang lebih Besar

Bagi pengusaha pemula, mempelajari serta menggunakan digital marketing sebagai strategi pemasaran dapat memperbesar peluang untuk bersaing dengan kompetitior atau bahkan perusahaan yang lebih besar.

Perlu strategi pemasaran yang tepat dan sesuai dengan usaha yang sedang kamu jalani untuk menarik minat pelanggan.

Lebih Efektif dan Efisien untuk Mengukur Segmentasi Pasar

Banyak orang yang masih menggunakan jasa billboard dan brosur untuk meningkatkan brand awareness serta memasarkan produk barang atau jasa mereka.

Namun tahukah kamu bahwa kegiatan tersebut sudah tidak efektif lagi digunakan pada jaman teknologi digital seperti sekarang khususnya selama pandemi.

Karena selain menghabiskan waktu dan biaya yang cukup besar, efek atau dampak yang diberikan juga tidak dapat diukur untuk menentukan strategi pemasaran anda kedepannya.

Namun apabila Anda menggunakan fitur Ads yang disediakan oleh teknologi digital akan lebih mempermudah Anda dalam menjalankan strategi pemasaran yang lebih akurat dan terarah.

Tak sampai disitu saja, jika kita belajar internet marketing dalam kategori lebih tinggi, Anda dapat mengalisa siapa yang menjadi target audience utama dari iklan yang hendak ditayangkan, sehingga dapat meminimalisir biaya untuk campaign kedepan.

Pendapatan Usaha Semakin Tinggi

Pengusaha yang hebat adalah pengusaha yang bisa mengatur strategi dengan baik. Salah satunya dengan memanfaatkan digital marketing sebagai jalan untuk melakukan promosi usaha atau produk kepada pelanggan.

Semakin upaya promosi meningkat atau mendapat respon positif, semakin tinggi juga kepercayaan pelanggan untuk terus melakukan transaksi.

Baca juga : Penggunaan Website Bisnis Di Zaman Teknologi 4.0

Tentu ini akan membantu usaha yang sedang dijalani, dan hasil pendapatan pun menjadi lebih meningkat dari sebelumnya.

Membangun dan Menciptakan Kepercayaan Pelanggan

Ketika belajar bisnis digital, kamu akan tahu pula bagaimana perilaku sebelum setuju membeli sebuah produk barang atau jasa.  Dimana yang pertama kali mereka tanyakan pastilah official website atau akun resmi milik usaha dari produk yang ditawarkan kepada mereka.

Official Website adalah sebagai tanda dan bukti bahwa produk barang atau jasa telah memiliki lisensi dan layak diterima di pasar. Hal tersebut dikarenakan website official resmi yang berbasis teknologi digital pasti terdapat informasi penting seperti spesifikasi barang hingga riwayat produksi.

Selain dua hal tersebut, pada website resmi atau akun official juga biasanya terdapat diskon dan promosi. Dimana hal tersebut juga menjadi alasan kuat seseorang untuk membeli sebuah produk barang atau jasa.

 

Baca berita lebih lanjut <—

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *