Strategi Membuat Copywriting yang Menarik, Coba Yuk!

Copywriting adalah suatu strategi pembuatan materi pemasaran yang mampu membujuk audiens untuk melakukan apa yang kita inginkan, misalnya membeli produk. Awalnya hanya digunakan dalam membuat advertorial, sales letter, billboard dan juga media pemasaran tertulis lainnya.

Untuk membuat copywriting yang menarik ternyata tidak terlalu sulit. Selain sangat efektif untuk mempengaruhi calon konsumen, juga akan menjadi senjata ampuh dalam mengembangkan bisnis menjadi lebih besar.

Baca juga : Kiat Sukses Berbisnis Di Saat Pandemi

Di zaman yang serba teknologi digital seperti saat sekarang ini, iklan konvensional sudah tidak lagi menarik. Oleh karena itu, sekaranglah waktunya yang tepat untuk beralih dengan memanfaatkan media digital sebagai media iklan Anda. Apalagi hampir setiap orang telah memiliki media pintar yang mampu mengakses internet dengan mudah.

Strategi Membuat Copywriting yang Menarik, Coba Yuk!
Strategi Membuat Copywriting yang Menarik, Coba Yuk! – medium.com

Untuk kepentingan promosi produk Anda, ada baiknya segera mulai mendalami strategi digital marketing yang tepat. Termasuk strategi dalam menyusun copywriting yang tetap dan bagus sehingga dapat lebih mudah sampai kepada target pasar.

Bagaimana  Membuat Copywriting yang Menarik

Ada beberapa hal yang Anda perlu perhatikan dan jadikan bahan pertimbangan untuk membuat copywriting yang menarik. Nah berikut ini beberapa strategi cara membuat copywriting yang menarik yang perlu Anda tahu yang disadur dari harapanrakyat.com, yaitu antara lain :

1. Terbitkan Headline yang Memancing Rasa Penasaran

Headline adalah hal pertama yang akan menjadi perhatian orang yang menjadi target audiens Anda. Oleh karena itu, membuat headline yang menarik dan dapat memancing rasa penasaran orang untuk mengklik konten Anda menjadi sangat penting.

Namun Anda harus tetap berpijak pada aturan dasar yaitu untuk membuat headline menarik yang sesuai dengan isi konten yang Anda posting atau bagikan.

Baca juga : Cuan Banyak Lewat Bisnis Kuliner, Patut Dicoba!

Hal ini penting agar pelanggan tetap bisa menikmati maksud dari konten copywriting yang Anda buat. Karena akan percuma jika orang sudah mengklik konten namun isinya tidak sesuai.

Jika ini anda lakukan, maka tidak berapa lama calon konsumen akan pergi lagi dan tidak bisa berimbas pada engagement yang oke.

Untuk cara membuat copywriting yang menarik ada beberapa trik yang bisa Anda manfaatkan yang meliputi:

  • Tawarkan manfaat dari produk Anda.
  • Beri pertanyaan yang memancing rasa penasaran tentang produk Anda.
  • Meningkatkan konsekuensi yang anda tanggung. Jika Anda memiliki produk suplemen diet, gunakan headline tentang konsekuensi. Seperti meyakinkan konsumen bahwa produk Anda tidak membuat ketergantungan. Ini akan mempengaruhi orang terhadap produk yang sedang mereka gunakan.
  • Menciptakan urgensi. Cara yang bisa Anda lakukan dengan menerapkan diskon terbatas atau promo berbatas waktu agar orang membeli dengan cepat produk Anda.

2. Buat Konten yang Tidak Membosankan

Pastikan cara membuat copywriting yang menarik, bukan sesuatu yang membosankan. Berikan informasi yang jelas dan tidak bertele-tele dalam konten copywriting yang Anda buat. Jika memang ada masalah yang Anda bahas, tawarkan juga solusinya.

Baca juga : Memahami Keuntungan Mempelajari Digital Marketing

Misalkan jika Anda menawarkan produk diet, Anda bisa menjabarkan masalah dan alasan logis mengapa mereka harus diet. Sebutkan juga bahwa Anda punya solusi untuk mengatasi semua masalah mereka dengan obat diet yang Anda jual.

3. Jangan Kaku, Bersikaplah Lebih Friendly

Siapa sih yang suka dengan orang-orang yang kaku? Demikian juga dengan bahasa. Kebanyakan orang akan merasa bosan dengan bahasa yang kaku. Ini akan menjadi cara membuat copywriting yang menarik yang perlu anda perhatikan.

Jadi jika selama ini Anda sering berpikir kalau menulis konten copywriting dengan bahasa baku akan terlihat lebih profesional, anggapan ini harus mulai Anda buang jauh-jauh.

Baca juga : Tips Jadi Freelancer Sukses Tanpa Ganggu Pekerjaan Utama

Bersikaplah friendly untuk membuat target market Anda lebih merasa dekat dengan Anda dan produk yang akan Anda tawarkan nantinya.

4. Pahami Karakteristik dan Kebutuhan Target Market Anda

Agar konten copywriting yang Anda buat bisa sesuai dengan target market, Anda harus mempelajari dulu kebiasaan target market Anda. Dengan bahasa yang sesuai maka iklan yang tampil tentu akan lebih mudah tersampaikan kepada audiens.

Misalkan jika Anda menjual produk diet, bahasa yang santai lebih dianjurkan untuk Anda gunakan karena kebanyakan pengguna produk diet akan membaca atau menggunakan sosial media pada waktu santai mereka.

Baca juga : Mengembangkan Bisnis Kecil Supaya Menjadi Laris Manis

Sementara jika yang Anda tawarkan adalah jasa optimasi website misalnya, maka bahasa yang formal bisa Anda gunakan. Jadi intinya sesuaikan dulu dengan kepada siapa Anda akan berbicara dalam copywriting yang Anda tulis.

Itulah beberapa tips dan teknik cara membuat copywriting yang menarik yang bisa coba Anda praktekkan. Dengan strategi yang cukup simpel ini akan membuat calon konsumen akan berpaling ke produk yang anda tawarkan.

2 Comments

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *