Strategi Pemasaran Online Yang Bermanfaat

Strategi pemasaran online yang bermanfaat – Saat kita mulai memutuskan untuk terjun ke dunia bisnis, maka hal pertama yang harus dipelajari adalah bagaimana strategi pemasaran nya, apakah dilakukan secara online atau pun secara offline. Hal itu perlu kita usahakan untuk terwujudnya sasaran yakni keuntungan yang optimal serta tingkat keberhasilan.

Pada saat sekarang ini dimana negara kita dan bahkan seluruh dunia sedang menghadapi pandemi Covid-19,  keterbukaan informasi berkembang sangat pesat sekali. Oleh karenanya strategi pemasaran secara online semakin banyak dimanfaatkan oleh beberapa pelaku bisnis. Murah, cepat, serta efektif ialah beberapa kata yang pas untuk sebagai mewakili strategi internet marketing. Kita dapat memahami sasaran pasar yang akan dicapai, mengetahui berapa besar para pesaing serta menghitung kesuksesan strategi yang dipakai.

Strategi Pemasaran Online Yang Bermanfaat

Baca juga : Belajar Internet Marketing Murah Untuk Pemula, Yang Penting Rajin

Berikut ini beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam menyusun strategi internet marketing, mulai dari rencana usaha, aksi yang membuat hasil yang diharapkan terwujud sampai pada strategi dalam menghadapi permasalahan yang ada ditengah-tengah jalannya usaha. Langkah-langkah yang harus diperhatikan adalah :

Search Engine Optimization (SEO)

SEO atau yang biasa disebut optimasi mesin pencarian adalah rangkaian secara sistemik yang digunakan untuk membuat situs web agar dapat tampil di halaman pertama seperti Google, Bing, Yahoo, dan sebagainya. Kegunaan SEO adalah meningkatkan jumlah pengunjung ke situs web sesuai dengan kata kunci yang telah ditentukan.

Pengetahuan, pemahaman, ketekunan, dan kecermatan adalah kunci-kunci yang dibutuhkan untuk melakukan SEO.

Search Engine Pemasaran (SEM)

Salah satu keunggulan strategi pemasaran online adalah pemanfaatan SEM. Pebisnis menggunakannya karena SEM adalah strategi pemasaran dengan melakukan promosi di situs web sehingga meningkatkan visibilitas di halaman mesin pencari seperti Google.

Jangkauan SEM lebih luas daripada SEO. Sebab, peningkatan visibilitas tidak hanya melalui mesin pencari organik melainkan juga lewat iklan. Pemasang iklan akan menargetkan kata kunci yang memiliki hubungan dengan produk yang dijual.

Pebisnis pasti akan memanfaatkannya karena era teknologi informasi yang pesat membuat kebutuhan akan informasi, terutama produk bisnis, lebih banyak dicari.

Sosial Media Pemasaran

Penggunaan media sosial di Indonesia kian pesat. Pada tahun 2020 jumlah pengguna media sosial mencapai 160 juta orang. Media sosial yang biasa dipakai adalah Youtube, Facebook, Instagram, atau Twitter. Banyaknya orang yang mengakses media sosial menjadi sarana yang baik untuk strategi pemasaran online. Dalam hal ini bisa disebut dengan sosial media marketing.

Untuk menggunakan media sosial yang baik dan tepat sasaran, konten adalah tool yang penting bagi kita. Pemilihan konten yang menarik akan membantu kita untuk meningkatkan bisnis dan meninggalkan kompetitor.

Konten bisa berisi dengan tulisan, gambar, infografik, atau video. Penggunaanya tergantung platform mana yang kita inginkan. Agar menarik pengunjung, konten harus diisi secara reguler. Selain itu, manfaatkan fitur seperti paid promote, atau ads pada setiap platform yang tersedia demi meningkatkan nilai jual produk kita.

E-mail Pemasaran

Hal pertama yang perlu kita lakukan dalam menggunakan email marketing adalah mendapatkan kontak email calon konsumen yang masih valid. Ketika kita telah mendapatkannya maka segera kirim email yang berisi siapa diri kita, pengenalan dan informasi produk, penawaran produk yang disertai promo, ajakan menjadi anggota, dan sebagainya.

Email marketing biasanya ditujukan secara langsung kepada orang-orang yang telah memiliki keterkaitan dengan produk yang akan kita jual. Tujuannya untuk meningkatkan daya saing terhadap kompetitor sekaligus menaikkan penjualan produk kita.

Content Pemasaran

Konten adalah raja. Begitulah pepatah yang baik dan berguna bagi penganut strategi ini. Buatlah, distribusikan, dan rawat konten sehingga menarik minat pengunjung untuk melihat, mengetahui, tertarik kemudian membeli produk kita. Optimalkan konten sehingga setelah menjadi pembeli maka tertarik masuk keanggotaan.

Konten marketing bisa berupa tulisan, gambar, audio, maupun video. Yang perlu Anda perhatikan adalah selalu cari ide unik sehingga konten menjadi menarik.

Influencer Marketing

Setelah mengetahui lima tips di atas sebaiknya ikuti tips terakhir. Jika bisnis kita ingin melesat meninggalkan kompetitor, fungsikan influencer. Kegunaan influencer adalah mampu meningkatkan minat pengunjung untuk mengetahui produk kita. Sebab, influencer adalah orang yang memiliki jumlah pengikut cukup banyak di media sosial.

Beragam influencer bisa kita temukan di Instagram, Youtube, Facebook, atau Twitter. Promosi dengan menggunakan influencer lebih efektif karena memengaruhi minat follower dari influencer. Sebab, apa yang dipromosikan influencer maka follower akan tertarik menggunakan produk bisnis kita.

Demikian 6 tips tentang strategi pemasaran online yang bisa kita manfaatkan dalam mengembangkan bisnis yang kita geluti.

Jika Anda butuh bantuan untuk menentukan jenis kegiatan digital marketing yang efektif bagi bisnis Anda, Seputar Marketing adalah konsultan marketing dan marketing agency yang cocok sebagai mitra bisnis Anda.

” Puji Tuhan New Alphard masuk garasi, dengan 3 jam kerja secara online di rumah  with SB1M”

 

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *