Tanda Kolesterol Tinggi Yang Kerap Tanpa Diketahui

Tanda-tanda kolesterol yang tinggi sangat perlu dikenali, supaya badan terbebas dari kompleksitas beresiko. Pada kondisi normal, kolesterol sebenarnya sangat dibutuhkan oleh badan agar badan dapat berperan secara normal.

Tetapi, apabila kandungan kolesterol jahat atau lemak dalam darah (Low Density Lipoprotein/LDL) yang terlalu berlebih pada tubuh, akan memungkin terkena resiko terserang penyakit serangan jantung secara mendadak atau tiba-tiba, stroke, dan juga  permasalahan kesehatan yang lain.

Pada umumnya sebagian besar pemicu kolesterol tinggi atau disebut juga dengan hiperkolesterol adalah terkait dengan pola hidup kurang sehat.

Faktor pola hidup yang kurang sehat ini lebih sering sebagai pemicu kolesterol tinggi ialah rutinitas konsumsi makanan yang memiliki kandungan kandungan lemak atau kolesterol tinggi.

Banyak faktor yang menjadi resiko penyebab kolesterol menjadi tinggi, antara lainnya yaitu:

  • Berat badan yang kurang ideal atau kegemukan.
  • Sering mengkonsumsi minuman yang beralkohol terlalu berlebih.
  • Tidak pernah berolahraga.
  • Pola hidup yang inaktif (sedentary).
  • Mempunyai permasalahan kesehatan tertentu, seperti diabetes, abnormalitas kelenjar tiroid, abnormalitas polisistik ovarium pada wanita, abnormalitas atau masalah pada ginjal, kehamilan dan kondisi lain pada wanita yang dapat tingkatkan kandungan hormon wanita.
  • Mengkonsumsi beberapa obat tertentu, misalkan pil kontrasepsi, diuretik (memperlancar kencing), obat menurunkan penekanan darah, dan beberapa obat yang digunakan untuk menyembuhkan stres.
  • Turunan

Tanda- tanda mengalami kolesterol tinggi

Tanda-tanda kondisi orang yang mengalami kolesterol tinggi ialah belum tentu pasti sama dirasa tiap-tiap orang. Pada umumnya dari banyak kasus yang ada, bahwa kolesterol tinggi kerap tidak memperlihatkan tanda-tanda khusus,  sampai muncul kompleksitas, seperti penyakit jantung atau stroke.

Baca juga : Deretan Makanan Berlemak Tinggi, Tetapi Baik Untuk Kesehatan

Walau tidak mempunyai tanda-tanda atau ciri-ciri yang khas, tetapi beberapa situasi dan kondisi berikut ini wajib  dicurigai sebagai tanda-tanda memiliki kolesterol yang tinggi :

Gampang capek

Melansir Buku Mengenali Keluhan Anda: Info Kesehatan Umum untuk Pasien (2013) oleh Dr. Ayustawati, PhD, bahwa gejala kolesterol tinggi tidak spesifik. Tetapi, umumnya beberapa keadaan rasa seperti cepat capek menjadi tanda kolesterol tinggi. Hal tersebut terjadi sebagai imbas dari timbulnya plak di pembuluh darah karena kandungan lemak dalam darah tinggi yang mengakibatkan saluran darah ke seluruh organ tubuh tidak maksimal dan mengalami kekurangan.

Senang mengantuk

Kerap mengantuk menjadi salah satunya imbas tidak langsung dari kolesterol tinggi dan juga disebabkan adanya sumbatan pada pembuluh darah. Mengantuk dapat dihubungkan dengan berkurangnya konsumsi saluran darah yang bawa oksigen ke otak. Kekurangan asupan oksigen dalam darah menyebabkan mengantuk dan gampang capek bisa terjadi.

Ngilu kaki

Ngilu pada kaki bisa juga jadi tanda mengalami kolesterol tinggi yang lain.

Sama dengan kondisi awal rasa capek karena kondisi di atas, penimbunan plak yang terjadi pada pembuluh darah di kaki, bisa mengakibatkan merasa sakit atau ngilu pada bagian kaki.

Tengkuk berasa pegal-pegal

Melansir Buku Ramuan Herbal Penurun Kolesterol (2008) oleh Prof. H. M. Hembing Wijayakusuma, meski bisa disebabkan oleh banyak hal, tengkuk terasa pegal-pegal pada kenyatannya bisa menjadi tanda kolesterol tinggi.

Keadaan ini dihubungkan dengan penimbunan plak di pembuluh darah pada tempat leher. Penimbunan plak karena kolesterol yang tinggi itu bisa merintangi saluran darah yang berada di leher dan ke arah otak.

Ngilu dada

Penimbunan plak karena kandungan kolesterol tinggi bisa juga terjadi pada pembuluh darah jantung. Bila hal itu terjadi, pengidap kolesterol tinggi dapat alami tanda-tanda ngilu dada. Keadaan berikut sebagai pertama kali berlangsungnya penyakit jantung atau penyakit serangan jantung sebagai kompleksitas dari kolesterol tinggi.

Terjadi xanthomata

Kolesterol tinggi bisa diikuti dengan xanthomata (penimbunan kolesterol) yang kelihatan dalam kumpulan sel tubuh, khususnya dalam kulit dan urat. Xanthomata dapat sebagai bengkak berupa bundar dan warna kekuningan.

Terjadi xanthelasma

Kolesterol yang tinggi pada darah dapat diikuti dengan xantgelasma, yaitu bintik-bintik kuning di bawah kelopak mata.

Ada gumpalan di urat

Untuk orang yang berkadar kolesterol tinggi karena factor genetik, penimbunan lemak dalam darah terkadang kelihatan di kulit seperti gumpalan setengah biji kacang yang dapat disaksikan dan dirasa pada urat dekat buku jemari.

Karena tidak mempunyai tanda-tanda yang detil serta dapat tidak memunculkan tanda-tanda benar-benar, test darah ialah salah satu langkah untuk ketahui secara pasti apakah kandungan kolesterol normal atau mungkin tidak.

Meminta dokter untuk memberikan test untuk mengetahui kadar kolesterol darah sesudah Anda berumur 20 tahun, selanjutnya check kembali tiap 4 sampai 6 tahun.

Baca juga : Tips Untuk Mencegah Terserang Stroke

Sementara, bila Anda punyai faktor resiko alami kondisi kolesterol tinggi, lakukan test darah sesering mungkin akan lebih bagus.

Jika saat test darah, kandungan kolesterol darah keseluruhan dijumpai ada di atas 240 miligram per desiliter (mg/dL), Anda bisa didiagnosa menderita kolesterol tinggi.

 

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul 8 Tanda Kolesterol Tinggi yang Sering Tak Disadari

 

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *