Tehnik Mempersiapkan Surat Lamaran Kerja Yang Bener

Surat lamaran kerja adalah menjadi satu kebutuhan bagi para pencari kerja. Terlebih disaat sekarang ini peluang untuk angkatan kerja sangatlah bersaing. Diperlukan strategi dalam mempersiapkan surat tersebut karena hal itu menjadi syarat utama untuk diterima kerja. Anda harus mempromosikan diri Anda secara betul tanpa perlu dibuat-buat, untuk jadi nilai lebih untuk perusahaan yang bakal menerima kerja.

Surat lamaran kerja yang sudah dipersiapkan untuk dikirim, perlu diperiksa kembali apakah sudah memberikan informasi yang jelas dan lengkap. Jangan sampai sudah capek-capek membuatnya malah tidak masuk dalam kualifikasi atau tidak lolos secara administrasi.

Baca juga : Strategi Membuat Copywriting yang Menarik, Coba Yuk!

Bagaimana caranya untuk dapat mempersiapkan surat lamaran kerja yang bener? Apakah surat lamaran kerja sebaiknya ditulis tangan atau menggunakan komputer? Pada umumnya tidak menjadi hambatan apakah harus ditulis tangan atau computer. Tetapi paling penting adalah isinya apakah sudah memberikan gambaran tentang apa yang akan dilamar dan kemampuan untuk menerima posisi tersebut.

Tehnik Mempersiapkan Surat Lamaran Kerja Yang Bener
Tehnik Mempersiapkan Surat Lamaran Kerja Yang Bener – via pixabay

Oleh karenanya surat lamaran kerja harus semenarik mungkin dan juga memberikan informasi yang lengkap tentang keahlian dalam bidang yang akan dilamar. Menulis surat lamaran kerja beserta pendukungnya seperti CV (curriculum vitae) memerlukan tehnik yang sederhana dan simple.

Poin-poin standar yang ditulis secara berurutan

Paling awal dalam mempersiapkan surat lamaran kerja adalah menerapkan poin-poin standar (yang umum). Poin-poin ini disusun secara rapi sedemikian rupa, sehingga memberikan informasi yang penting tentang data anda dan ditulis secara berurutan. Misalnya anda harus informasikan apakah anda memiliki pengalaman kerja atau belum pernah bekerja sama sekali (fresh graduate).

Baca juga : Memahami Keuntungan Mempelajari Digital Marketing

Surat lamaran kerja yang bener biasanya memiliki struktur saling berhubungan, yang memiliki keterkaitan informasi tentang anda dan posisi yang akan anda lamar, biasanya urutannya adalah sebagai berikut :

  • Tempat dan tanggal surat.
  • Nama Personalia/HRD yang dituju.
  • Nama perusahaan yang dituju.
  • Salam pembuka.
  • Kata pembuka dan informasi lowongan
  • Data pribadi singkat dan jelas
  • Posisi yang akan dilamar
  • Latar belakang pendidikan beserta pengalaman bekerja (jika ada)
  • Salam penutup

Bahasa yang digunakan

Pengunaan bahasa dalam mempersiapkan surat lamaran kerja adalah bagian lain yang terpenting. Karena ada perusahaan pemberi kerja mewajibkan surat lamaran kerja ditulis dalam bahasa asing. Oleh karenanya sebaiknya penulisan menggunakan bahasa yang baku (baik dalam bahasa Indonesia ataupun asing) yang memenuhi kaidah-kaidah bahasa yang umum.

Apabila menggunakan bahasa Indonesia, sebaiknya menggunakan bahasa Indonesia yang baik dan bener, dan jika menggunakan bahasa Inggris sebaiknya menggunakan grammar yang tepat dan benar. Karena penggunaan bahasa yang bener dan baik bias menjadi salah satu pertimbangan untuk lolos seleksi.

Informatif

Surat lamaran kerja harus memberikan gambaran singkat tentang diri serta keahlian anda apabila nantinya diterima bekerja.  Oleh karena itu perlu diinformasi secara singkat latar belakang pendidikan anda, gaya kepemimpinan anda (apabila nanti diterima) dan juga informasi pengalaman bekerja serta job description anda di tempat yang lama.

Baca juga : Kenali Ciri-Ciri Akun Layanan Konsumen Palsu

Dan semuanya itu harus dibungkus menjadi singkat, ringkas dan padat. Gunakan kata-kata yang standar, jelas dan umum. Usahakan jangan bertele-tele, tetapi langsung pada intinya yang menjadi tujuan dibuatnya surat ini.

Kelengkapan surat lamaran kerja

Setelah mempersiapkan surat lamaran kerja, langkah selanjutnya adalah melengkapi data-data pendukungnya. Kelihatannya sepele tapi ini menjadi satu langkah yang penting untuk tidak dilewatkan. Data-data pendukung apa yang biasanya perlu untuk dilengkapi sebagai lampiran dalam surat lamaran kerja ?

Selain CV (curriculum vitae) atau daftar riwayat hidup, diperlukan juga dokumen-dokumen penting lainnya sebagai lampiran dari surat lamaran kerja yang kita buat. Biasanya yang paling umum adalah fotocopy kartu identitas (KTP), fotocopy ijazah terakhir, fotocopy sertifikat, fotocopy piagam, foto surat referensi dari perusahaan yang lama dan lain-lain yang diperlukan.

Demikian uraian tentang bagaimana tehnik membuat surat lamaran kerja yang benar dan efektif agar dapat diterima bekerja di perusahaan pemberi kerja. Yang harus diingat adalah bahwa surat lamaran kerja beserta data pendukungnya yang anda kirim adalah merupakan gambaran diri anda secara singkat. Semoga bermanfaat.

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *